• techpromlab

Penggunaan Paving Block Penyerap Air untuk Mengurangi Suhu Panas Perkotaan

Suhu panas merupakan hal yang menjadi persoalan sehari-hari di setiap perkotaan. Pada umumnya perkotaan dilingkupi dengan gedung-gedung. Minimnya pepohonan membuat perkotaan terasa panas karena kurangnya pohon untuk menaungi dan melakukan proses evaporasi. Evaporasi merupakan proses pelepasan air yang diuapkan melalui daun tumbuhan ke atmosfer. Uap air tersebut akan membentuk awan yang berperan sebagai media untuk memantulkan cahaya matahari agar panas cahaya matahari tidak memberikan efek panas ke bumi.


Selain melalui tumbuhan, proses penguapan air ini juga bisa lewat permukaan bumi, di antaranya dari permukaan air (berupa laut, sungai, danau) dan dari tanah. Perkotaan sebagai wilayah yang dibangun dengan menerapkan modernisasi terkadang mengesampingkan proses alamiah ini. Akan tetapi, kini beberapa pelaku usaha telah menginovasi infrastruktur yang ramah lingkungan untuk mengatasinya. Paving block berpori adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses evaporasi. Bersamaan dengan itu, paving block dengan warna terang akan membuat suhu perkotaan menjadi dingin karena albedo yang dikandungnya dapat memantulkan panas cahaya matahari.

Paving block berpori, seperti PoreBlock, memiliki fitur yang dapat menyerap air, baik itu berupa air hujan maupun sumber limpahan air yang lainnya. Air yang mengalir ke pori-pori paving block akan turun ke bawah tanah dan menciptakan cadangan air. Selain itu, perannya dalam mendinginkan suhu perkotaan pun bisa diandalkan. Air-air yang masih menempel pada paving block berpori akan berevaporasi dan meminimalisasi panas matahari yang terpancar ke bumi.


Inovasi dari Tech Prom Lab yaitu PoreBlock pun sudah mengusung fitur tersebut. Pori-pori yang tersusun pada struktur material berfungsi sebagai pemberi jalan kepada air. Apabila ada genangan air baik saat hujan deras maupun air tumpahan dari sumber lain, PoreBlock akan menyerap air tersebut 100x lebih cepat dibandingkan paving block konvensional. Kekuatan penyerapan air yang bisa dilakukan PoreBlock mencapai 1000 mm/hari. Fitur ini tentu sesuai untuk diterapkan di wilayah Indonesia yang beriklim tropis. Untuk menangkal panas matahari, PoreBlock pun diproduksi dengan material-material berwarna terang.


Ada banyak keuntungan yang dapat dirasakan dari penggunaan paving block berpori. Yuk, kita sama-sama berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan.

0 tampilan

© PT. Teknologi Kanggo Nusantara Bagja

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now