• techpromlab

Perlunya Komersialisasi Hasil Riset

Hasil riset memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Selain dapat digunakan pada sektor industri, manfaatnya juga dapat dipergunakan oleh masyarakat luas. Tujuan utama riset adalah untuk memberikan kontribusi sebanyak-banyaknya demi kemajuan bersama. Akan tetapi, proses komersialisasi yang masih memiliki kendala membuat hasil riset pun tidak bisa dirasakan langsung di lapangan.



Namun, paten hasil riset memang pada umumnya tidak bisa langsung diaplikasikan industri. Hal ini karena para periset perlu memperoleh bimbingan untuk memaksimalkan banyak hal. Hal-hal ini di antaranya melakukan integrasi teknologi yang diterapkan, pembuatan contoh produk sebagai langkah awal melakukan promosi, studi lapangan, hingga perencanaan bisnis yang matang. Masalah pendanaan pun ikut terseret dalam polemik ini karena pendanaan inkubasi lebih besar daripada biaya riset paten.


Perlu adanya inkubasi-inkubasi yang inovatif untuk memberikan ‘wadah’ agar paten dapat dimatangkan hingga bisa dikomersialisasikan. Peneliti pun perlu terlibat dan membangun perusahaan startup. Untung rugi hasil riset harus dihitung untuk melihat potensi komersialnya.


Lisensi dan penjaringan investor baru bisa dilakukan apabila target pasar sudah ditentukan. Karena itu mentor inkubasi yang mumpuni amat penting dilakukan agar riset dan bisnis dapat bersatu.


Sebuah capaian memang harus ditempuh melalui rangkaian proses. Seiring berjalannya waktu capaian-capaian dan target yang dicanangkan akan terealisasi asal ditekuni dengan sungguh-sungguh.


Semangat mengabdi untuk kemajuan bangsa!

--

Referensi:

Media Indonesia, 2017. https://mediaindonesia.com/read/detail/129049-komersialisasi-hasil-riset-belum-jadi-arus-utama

6 tampilan

© PT. Teknologi Kanggo Nusantara Bagja